Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Kejutan hadir di perempat final Wimbledon di mana petenis nomor satu dunia, Iga Swiatek, dikalahkan oleh Elina Svitolina.

Elina Svitolina menang 7-5, 6-7 (5/7), 6-2 atas Iga Swiatek yang berstatus juara US Open dan French Open.

Kemenangan Elina Svitolina tersebut ia dedikasikan untuk masyarakat Ukraina yang terdampak perang dengan Rusia.

"Saya senang bisa membawa sedikit kebahagiaan ke dalam hidup mereka," ujar Svitolina dikutip dari AFP.

"Ada banyak video di internet yang ditonton anak-anak di ponsel mereka. Ini benar-benar membuat hatiku meleleh melihat ini," lanjutnya.

Svitolina selanjutnya akan berhadapan dengan petenis Ceko, Marketa Vondrousova, di semifinal. Ia mengaku laga itu tidak akan mudah untuk dilewati.

"Marketa adalah lawan yang tangguh. Ini akan jadi tantangan berat bagi saya," ungkapnya.

"Itulah mengapa saya tidak ingin terburu-buru dan berpikir bahwa saya mungkin bermain di final, mungkin juga tidak bermain di final," imbuh petenis peringkat ke-76 dunia itu.

Perjalanan Svitolina di Wimbledon terbilang sangat mengesankan. Ia berhasil menyingkirkan empat pemenang gelar Grand Slam, yakni Venus Williams, Sofia Kenin, Victoria Azarenka, dan Swiatek.

Svitolina mendapat dukungan dari Swiatek agar bisa menjuarai Wimbledon. Keduanya memiliki kedekatan dan cukup akrab setelah mencuatnya perang Ukraina-Rusia.

"Saya mendukungnya, terutama karena kami menyukai satu sama lain sebagai manusia. Saya mengatakan kepadanya di internet bahwa saya berharap dia memenangi turnamen ini," kata Swiatek.