Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Manajer Arsenal, Mikel Arteta, percaya rekrutan barunya yang mahal bisa jadi ‘mercusuar’ yang klub butuhkan.

Arsenal berhasil meminang Declan Rice dari West Ham United dengan mahar 105 juta Poundsterling.

Pelatih asal Spanyol itu menggambarkan pesepakbola berusia 24 tahun tersebut bagaikan ‘mercusuar’. Hal ini merujuk pada sikap Rice yang cenderung positif dan mampu mendorong rekan-rekan setimnya untuk menjadi lebih baik.

“Saya melihatnya seperti mercusuar,” ungkap Arteta melansir BBC Sports.

“Kami membahas beberapa waktu lalu bagaimana dia bisa mengembangkan tim dan memuji para pemain dan membawa rasa ‘lapar’ kepada pemain yang ingin mendorong diri mereka sendiri ke level berbeda,” jelasnya.

Pembawaan positif Rice tampaknya merupakan buah dari dirinya yang mengemban tugas sebagai seorang kapten saat berada di West Ham.

Latihan pertama pesepakbola kelahiran kota Wingston tersebut dengan Arteta dilakukan dalam tur pramusim di Washington, Amerika Serikat. Mereka akan bertanding melawan MLS All-Stars yang saat ini dilatih eks pemain Manchester United, Wayne Rooney.

Sepanjang musim panas, Meriam London sudah mengeluarkan setidaknya 200 juta Pounds untuk membeli penggawa baru. Menjadikannya sebagai klub dengan pengeluaran terbanyak di Premier League pada bursa transfer ini.

Selain Rice, ada Kai Havertz dan Jurrien Timber yang sudah ikut bergabung dalam latihan The Gunners.

Arteta memiliki persiapan satu bulan sebelum memulai pertandingan pertama Premier League melawan Nottingham Forest di Emirates Stadium.