Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - 10 tahun lalu, dunia sepak bola dibuat gempar dengan pernyataan Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun sebagai pelatih Manchester United.

Kabar pensiunnya Ferguson cukup mengagetkan. Dia mengaku sudah mengatakan  pada istrinya akan berhenti sebagai pelatih MU di akhir musim 2012/13.

Melihat lagi ke belakang, tepatnya satu dekade lalu, kabar pensiunnya Ferguson memang menjadi headline di mana-mana. MU merasakan dampak sangat besar keputusan Ferguson mundur setelah hampir 27 tahun bersama klub.

Pelatih berkebangsaan Skotlandia itu memenangkan 13 trofi Premier League, lima Piala FA, empat Piala Liga, dua Liga Champions, Piala Winners, Piala Super Eropa, Piala Interkontinental, dan Piala Dunia Antarklub.

Ferguson mengabarkan keinginannya pensiun kepada CEO MU saat itu, David Gill di awal tahun 2013. Hampir tidak ada yang tahu bahwa musim itu adalah yang terakhir untuk Ferguson di Old Trafford.

Dalam otogbiografinya bertajuk 'Alex Ferguson' disebutkan bahwa Ferguson sempat kesal karena kabar keputusannya pensiun sudah menyebar lebih dulu sebelum adanya informasi resmi.

Tak ingin semakin menjadi bola liar, Ferguson akhirnya merilis pernyataan resmi soal keputusannya pensiun sebagai pelatih MU. Ferguson mengucapkan terima kasih pada semua pihak, termasuk para pemain dan fans MU. Pemain Setan Merah memberikan hadiah berupa jam Rolex tahun 1941, yang merupakan tahun kelahirannya. Mereka juga memberikanya album foto berupa momen-momen penting ketika bersama MU.