Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Arsenal meresmikan patung Arsene Wenger di luar Stadion Emirates. Dia menjadi legenda keenam The Gunners yang dijadikan patung.

Wenger adalah salah satu pelatih tersukses Arsenal di era 90-an. Dia membantu klub London Utara itu memenangkan tiga trofi Premier League dan tujuh Piala FA.

Pria asal Prancis itu melatih di Arsenal sejak 1996 dan memutuskan pensiun di 2018. Patung Wenger terletak di luar tribun North Bank dengan tinggi 3,5 meter. Jim Guy menjadi pemahat yang dipercaya membuat patung tersebut.

Wenger rencananya akan menjadi tamu kehormatan Arsenal saat menjalani laga persahabatan melawan AS Monaco, Rabu 2 Agustus mendatang di Stadion Emirates.

Selama melatih Arsenal, Wenger mencatatkan 1.235 pertandingan dan menorehkan rekor di musim 2003/04 dengan mengakhiri Premier League sebagai juara dan tak terkalahkan.

Di bawah asuhan Wenger, Arsenal selalu lolos ke Liga Champions selama 20 tahun berturut-turut.

"Kontribusi Wenger bersama klub menjadikannya pelatih terhebat sepanjang sejarah klub. Dia mempersembahkan banyak gelar dan memori luar biasa. Dia juga merevolusi tim saat melatih termasuk catatan tak terkalahkan dalam semusim," ujar wakil ketua eksekutif Arsenal, Tim Lewis, dikutip dari BBC.

"Oleh karena itu, sepatutnya, sebagai tanda rasa hormat dan terima kasih klub, patung Wenger yang megah sekarang berdiri di luar Stadion Emirates," katanya.

Sebelum Wenger, terlebih dulu lima patung legenda Arsenal berdiri di luar Stadion Emirates, yakni Tony Adams, Dennis Bergkapm, Thierry Henry, Herbert Chapman, dan Ken Friar.