Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Teka-teki pelatih baru Timnas Italia terungkap sudah. Luciano Spalletti dipercaya oleh Federasi Sepakbola Italia (FIGC) untuk menjadi pelatih Timnas Italia.

Spalletti menggantikan posisi dari Roberto Mancini yang mengundurkan diri, 13 Agustus 2023. Kabarnya Mancini tengah diincar olehb klub-klub Liga Pro Saudi.

Spalletti telah mengundurkan diri sebagai pelatih Napoli di musim panas tahun ini. Setelah ia berhasil membawa Napoli meraih gelar juara Serie A 2022-2023.

FIGC menyebutkan, Spalletti akan mulai memimpin Timnas Italia per 1 September 2023.

Kabarnya Spaletti akan mendapatkan bayaran sebesar 3 juta pertahun Euro ditambah bonus 1 juta Euro. FIGC mengontrak Spalletti selama tiga tahun.

Kontrak Spaletti nantinya akan berakhir usai Piala Dunia 2026.

"Timnas membutuhkan pelatih hebat dan saya sangat senang menerimanya," kata Presiden FIGC, Gabriele Gravina.

"Antusiasnya dan keahliaanya akan menjadi dasar untuk tantangan yang menanti Italia dalam beberapa bulan ke depan," ujar dia.

Mancini menjadi pelatih Italia selama lima tahun. Ia memberika gelar Piala Eropa 2020.

Namun sayangnya Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Sementara itu, mantan pelatih Timnas Italia, Arrigo Sacchi percaya jika Spalletti adalah pelatih ideal untuk Gli Azzurri.

"Spalleti baru saja meraih gelar Serie A bersama Napoli. Dan dia adalah yang terbaik di sepakbola," kata Sacchi dikutip dari Football-Italia.