Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Legenda sepakbola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto mengklaim bahwa dirinya tidak akan kuat mental jika masih aktif berkarier di zaman sekarang.

Apalagi saat itu, Kurniawan hampir sempat berhenti untuk bermain bola lantaran ia selalu menerima banyak cibiran dan berita kontroversial dari media terkait dirinya.

“Karena waktu gue balik dari Sampdoria itu, gue kan dihajar sama media. Akhirnya gue balik ke Magelang,” kata legenda sepakbola Indonesia itu dalam Podcast di channel Youtube Sport Corner pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Atas berita-berita yang tidak mengenakkan tersebut membuat dirinya terpuruk dan enggan untuk bermain bola lagi.

Namun, di satu sisi ia bersyukur lantaran hal tersebut terjadi pada dirinya di masa lampau.

“Ya mungkin kalau gue hidup di zaman sekarang belum tentu kuat juga walaupun menurut gue cobaan gue waktu itu juga berat-berat juga, gitu kan,” kata legenda berusia 47 tahun itu.

Sebab, jika saat ini ia masih menjalankan kariernya sebagai pesepakbola aktif, mungkin dirinya tidak akan sanggup menghadapi terpaan berita perihal dirinya.

Pasalnya, media zaman sekarang berbeda dengan media yang tersedia di zaman dahulu.

Jika dahulu hanya ada televisi dan koran yang gencar memberikan informasi penting dan terbarukan.

Kini, banyak media-media lain melalui teknologi Internet yang dapat lebih cepat menyebarkan informasi ke seluruh belahan dunia.

Apalagi, saat itu Kurniawan sempat dikabarkan memakai narkoba jenis sabu di salah satu hotel di Surabaya pada 1997 silam.