Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Luis Rubiales berencana mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) usai mencium paksa bibir pemain Spanyol, Jenni Hermoso.

Mengutip dari ESPN, Rubiales dilaporkan akan mengundurkan diri pada Jumat, 25 Agustus 2023 setelah FIFA membuka proses disiplin kepadanya.

Para petinggi RFEF juga telah mengadakan pertemuan penting guna membahas masa depan Rubiales dan calon penggantinya di Madrid pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Hal tersebut terjadi usai Rubiales mencium Jenni Hermoso di ajang Piala Dunia Wanita 2023 pada Minggu, 20 Agustus 2023 lalu.

Sontak, aksi tersebut menjadi berita utama yang ramai diperbincangkan publik usai kemenangan Spanyol atas Inggris dalam final Piala Dunia Wanita 2023 di Sydney.

Bahkan, Rubiales juga terlihat memegang selangkangannya sebagai isyarat kemenangan La Roja ketika berada di dekat Ratu Spanyol, Letizia dan Putri Infanta Sofia.

Insiden tersebut sontak memicu kemarahan masyarakat Spanyol. Tidak sedikit pihak yang menuntut Rubiales untuk segera mengundurkan diri, seperti tokoh-tokoh penting bahkan pejabat pemerintahan Spanyol.

Mereka menganggap bahwa aksi yang dilakukan oleh Rubiales merupakan bentuk pelecehan seksual.

Sebagai informasi, Rubiales terpilih menjadi Presiden RFEF pada 2018 lalu. Namun, dalam masa kepemimpinannya ternyata dipenuhi dengan beberapa kontroversi besar.

Bagaimana tidak, hanya dalam beberapa bulan setelah menjabat, ia memecat pelatih Spanyol, Julen Lopetegui menjelang Piala Dunia 2023.