Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Papua bisa dibilang sebagai penyuplai anak-anak berbakat untuk jagad sepakbola Indonesia. Permainan mereka yang kental akan showboating mengingatkan kita dengan negara Brasil yang banyak melahirkan pemain bintang kelas dunia.

Sepakbola sudah seperti bakat alami anak-anak di Papua. Seperti yang kita ketahui, sepanjang sejarah, Papua selalu punya andil penting dalam sepakbola Indonesia.

Nama-nama putra daerah mereka selalu terselip di skuad Timnas Indonesia dan menjadi pemain penting. Bahkan tim sepakbola asal Papua pun, yakni Persipura Jayapura menjadi tim kuat hingga menembus prestasi tinggi dan ditakuti di level Asia dengan tradisinya mendominasi pemain lokal Tanah Cendrawasih dalam komposisi klub.

Pemain-pemain asal papua dalam sejarah sepakbola Indonesia patut untuk dikenang sebagai sebuah kebanggaan karena berhasil menjadi penyokong kualitas tim di berbagai generasi. Siapa saja mereka? Berikut kami rangkum 7 pemain terbaik Papua versi Sport Corner.

7. Ricky Kambuaya
Sosok Ricky Kambuaya sempat menjadi pondasi penting skuad Shin Tae-yong. Penampilannya yang solid di lini tengah membuat pelatih asal Korea Selatan tersebut menjadikannya andalan. Kambuaya terkenal ngotot dalam bermain, hal ini menjadi faktor penting kesolidan lini tengah Indonesia pada saat itu.

6.  Yanto Basna
Pemain jebolan Timnas U-19 angkatan Evan Dimas ini menjadi Pemain Papua yang terbilang progresif dalam karier sepakbolanya. Dirinya mendapat kepercayaan sebagai kapten Timnas Indonesia saat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, padahal kala itu dirinya baru menginjak 24 tahun. Walaupun bukan striker, nama Yanto Basna tetap mentereng lewat aksi-aksinya saat menjaga lini belakang Timnas Indonesia.