Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengkritik kepemimpinan wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara pada final Piala AFF U23 2023.

Dilangsungkan di Stadion Rayong Provincial di Thailand pada Sabtu (26/8/2023) malam WIB, laga final Piala AFF U23 yang mempertemukan Indonesia vs Vietnam harus diakhiri dengan adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Pada adu penalti, Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor akhir 5-6.

Dari enam eksekutor Indonesia, hanya satu yang gagal. Dia adalah Ernando Ari, kiper yang jadi pahlawan dan penyelamat tim Garuda Muda sepanjang waktu normal dan perpanjangan waktu.

Sementara itu, seluruh eksekutor Vietnam berhasil menyumbangkan gol.

Dalam wawancara seusai pertandingan, Shin Tae-yong mengucapkan selamat kepada Vietnam yang telah memenangi pertandingan.

"Saya juga mengapresiasi seluruh pemain dari kedua tim atas permainan dan usaha mereka," ujar juru taktik asal Korea Selatan itu.

Setelah itu, Shin Tae-yong melontarkan kritik atas kepemimpinan wasit Hiroki Kasahara.

"Menurut saya, keputusan wasit sangat memalukan. Sebelumnya, saya telah mengatakan bahwa wasit bisa mengubah jalannya pertandingan," kata Shin.

Sepanjang laga, Shin Tae-yong memang sempat beberapa kali mengajukan protes keras pada sejumlah keputusan Hiroki Kasahara dan para asistennya.

Seperti pada menit ke-47 saat Shin Tae-yong menganggap pemain Vietnam melakukan handball saat berupaya menghalau tendangan Beckham Putra Nugraha.