Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Chafidz Yusuf atau yang akrab disapa Masmu, menilai, salah satu faktor kegagalan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti meraih gelar Juara Dunia karena kurang pengalaman.

Masmu menyebut bahwa Apriyani/Fadia tampil dengan sangat baik, meskipun gagal menjadi juara ketika kalah 16-21 dan 12-21 melawan pasangan asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Apalagi Kejuaraan Dunia 2023 yang digelar di Copenhagen itu merupakan debut bagi Apriyani/Fadia. Sebelumnya, Apriyani sudah pernah ikut serta saat berpasangan dengan Greysia Polii.

Mantan asisten pelatih ganda putri itu menjelaskan bahwa atmosfer yang dirasakan Apriyani/Fadia dalam ajang Kejuaraan Dunia 2023 itu berbeda dibandingkan dengan beberapa partai yang sudah mereka lakoni sebelumnya.

“Kalau menurut saya, dari penampilan semalam, pertama itu karena faktor pengalamannya yang masih perlu banyak belajar, terutama Fadia,” ungkap Masmu ketika dihubungi SportCorner.id, Senin, 28 Agustus 2023.

“Karena, kalau dalam final kejuaraan besar itu atmosfernya berbeda banget jika dibandingkan dengan partai-partai sebelumnya, ya mungkin delapan besar atau semifinal, kayak gitu,” tambahnya.

Bagi Masmu, kurangnya pengalaman dan kesiapan mental, membuat Fadia belum bisa mengeluarkan performa terbaiknya di ajang Kejuaraan Dunia 2023 ini.

“Yang saya lihat kemarin karena faktor pengalaman saja, kemungkinan kesiapan mental Fadia masih butuh waktu. Itu faktor non teknis saja sebenarnya, yang menyebabkan dia (Fadia) belum bisa keluar performa terbaiknya,” ucap Masmu.