Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Arab Saudi ingin mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Mereka pun meminta dukungan Indonesia.

Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal bin Abdullah Al-Amudi berkunjung ke Kantor Kemenpora di Graha Kemenpora, Senin 29 Agustus 2023.

Kunjungan ini dalam rangka mempererat hubungan Arab Saudi dengan Indonesia khususnya di bidang kepemudaan dan keolahragaan.

Faisal diterima langsung Menpora Dito Ariotedjo. Menurut Dito, hubungan Indonesia dengan Arab Saudi sudah terjalin dengan baik sejak lama.

"Arab Saudi adalah sahabat sejati. Kita sama-sama memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Dan paling penting, hubungan bilateral di bidang ekonomi dan pendidikan telah terjalin dengan baik," ujar Dito.

Karena itu, perlu bagi kedua negara untuk semakin mempererat hubungan kenegaraan. Salah satunya berkaitan dengan kepemudaan dan keolahragaan.

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi menerangkan, kedatangannya menemui Menpora salah satunya meminta dukungan dari Indonesia perihal rencana Arab Saudi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola FIFA 2030.

Permintaan dukungan ini berdasarkan hubungan persaudaraan dan persahabatan dengan Indonesia.

"Hubungan baik ini bukan hanya antardua negara, tetapi juga multilateral. Kami butuh dukungan dari negara-negara sahabat, salah satunya adalah Indonesia," ucap Faisal.

Arab Saudi dalam hal ini meminta dukungan tertulis dari Indonesia melalui Kemenpora RI. Dukungan tertulis ini ditujukan kepada Pemerintahan Arab Saudi.