Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Bek kiri Inter Miami, Jordi Alba memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Spanyol.

Mengutip Sportskeeda, Alba mengakhiri karier internasionalnya usai tampil memperkuat Spanyol dalam kemenangan final UEFA Nations League melawan Kroasia, 19 Juni 2023 lalu.

Bahkan, pemain berusia 34 tahun itu juga menjadi kapten timnas yang dijuluki La Roja di UEFA Nations League.

Selain itu, Alba juga sukses tampil di tiga turnamen Piala Dunia FIFA, yakni pada 2014, 2018 dan 2022. Tak lupa dengan tiga turnamen Piala Eropa pada 2012, 2016 dan 2020.

Sebelum Piala Dunia 2022 lalu, Alba mendapat banyak kritikan dari fans karena tetap dipanggil oleh pelatih Luis Enrique dan dijadikan sebagai pemain inti.

Namun, Enrique tetap memuji dan mencap Alba sebagai bek kiri terbaik.

“Alba adalah pemain di level tertinggi seperti Sergio Busquets. Ada kampanye melawan mereka, dan itu normal karena orang-orang bosan dengan para veteran,” ucap Enrique dilansir dari Sporstkeeda.

“Saya membawa mereka ke tim nasional karena mereka adalah pemain luar biasa. Alba adalah bek sayap terbaik di dunia dalam sepertiga akhir lapangan,” tambahnya.

Namun, nampaknya Alba lebih ingin fokus melanjutkan kariernya di Major League Soccer (MLS) bersama Inter Miami.

Pemain Spanyol itu berhasil tampil baik di klub milik David Beckham itu bersama dengan mantan rekan setimnya di Barcelona, Sergio Busquets, dan Lionel Messi.

Alba sukses mengantongi satu gol dan dua assist dalam enam pertandingan di seluruh kompetisi bersama klub asuhan Gerardo Martino.