Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Gelaran FIBA Basketball World Cup 2023 ternyata cukup menyedot penonton di Indonesia. Salah satu tuan rumah FIBA World Cup 2023 adalah Indonesia yang digelar sejak 25 Agustus hingga 3 September 2023. 

Indonesia menggelar laga di dua grup dalam babak penyisihan. Grup G yang dihuni oleh Spanyol, Brasil, Pantai Gading dan Iran. 

Sedangkan Grup H dihuni oleh, Prancis, Latvia, Kanada dan Lebanon. Setelah babak penyisihan grup, kemudian dua terbaik dari masing-masing grup, berada di Grup L. 

Yakni, Latvia, Kanada, Spanyol dan Brasil. Latvia sendiri sudah memastikan tiket ke perempat final FIBA 2023 usai mengalahkan Brasil 104-84. 

FIBA Central Board Member, Erick Thohir mengatakan, gelaran FIBA World Cup ini turut membawa pertumbuhan ekonomi. Bagi Erick ada tiga hal yang timbul dengan adanya Piala Dunia Basket ini. 

"Bisa dilihat bagaimana pertumbuhan industri basket setelah digelarnya Piala Dunia ini. Bahkan ini memecahkan penonton basket terbanyak di Indonesia dengan 111 ribu, luar biasa. Karena masih tinggi di antara pertandingan di Jepang dan Filipina," kata Erick Thohir. 

Menurut Erick Thohir, industri olahraga telah bangkit. Erick Thohir pun berharap tidak hanya prestasi yang bagus namun industrinya juga maju.