Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Nama Jay Idzes menjadi perbincangan hangat dalam beberapa hari terakhir. Tapi, apa iya dia sebagus yang digembar-gemborkan?

Idzes adalah pemain berusia 23 tahun yang bermain di klub Serie B Italia, Venezia. Dilihat dari usianya, memang Idzes masih bisa dibilang sangat muda untuk ukuran naturalisasi timnas Indonesia.

Biasanya, pemain-pemain yang dinaturalisasi berada di usia matang atau bahkan di penghujung kariernya. Idzes adalah pemain asal Belanda yang punya keturunan Indonesia dari sang kakek.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyebut Idzes sebagai pemain bagus nan potensial dan diyakini masih bisa berkembang lebih baik lagi. Kehadirannya disebut bisa membantu memperkokoh skuat Garuda.

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan insya Allah akan menambah kekuatan timnas kita," ujar Erick Thohir.

Idzes memulai karier juniornya bersama PSV, VVV-Venlo, dan Eindhoven. Dia baru melakoni debutnya di 2018 bersama Eindhoven. Selama dua musim, dia menjadi andalan lini belakang Eindhoven dengan mencatatkan 54 penampilan.

Penampilan apiknya mengundang minat klub Eredivisie (divisi utama Belanda), Go Ahead Eagles. Idzes bermain selama tiga musim dengan mencatatkan 84 penampilan.

Musim ini, Idzes direkrut Venezia. Dia sudah mencatatkan empat penampilan. Saat ini Venezia berada di peringkat delapan dan diyakini punya kans besar promosi ke Serie A musim depan.