Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Sejak melatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mencatatkan beberapa pencapaian gemilang. Tapi, ada satu noda yang masih mengganggu.

Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada tahun 2020 di era kepemimpinan Mochamad Iriawan atau Iwan Bule sebagai ketua umum PSSI.

Selama tiga tahun melatih, Shin Tae-yong sudah menangani berbagai timnas level usia, mulai dari U-19, U-23, hingga level senior.

Sejak dipercaya menukangi skuat Garuda, Shin Tae-yong memang banyak membawa perubahan. Tidak hanya dari sisi permainan, tapi juga fisik para pemain yang mengalami peningkatan.

[Baca Juga: Update Ranking FIFA per 13 September 2023: Indonesia Geser Empat Negara Sekaligus!]

Selain itu, pemahaman dalam bermain sepak bola juga mengalami kemajuan. Tercatat, beberapa kali pelatih asal Korea Selatan itu membawa timnas melaju ke ajang penting.

Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama yang bisa membawa timnas Indonesia di tiga kategori usia berbeda ke kompetisi Asia.

Tim Merah Putih dibawa lolos ke putaran final Piala Asia U-20, Piala Asia U-23, dan Piala Asia level senior. Semuanya diraih lewat jalur kualifikasi, bukan status tuan rumah.

Teranyar, Shin Tae-yong membawa timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23. Di babak kualifikasi, Indonesia menundukkan Chinese Taipei 9-0 dan Turkmenistan 2-0.