Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah wasit wanita akan digunakan di Piala Asia 2023 yang dihelat di Qatar.

Dengan waktu kurang dari empat bulan menjelang Piala Asia 2023, 74 ofisial pertandingan dengan jumlah terbanyak telah ditunjuk untuk memimpin turnamen yang digelar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Sebanyak 35 wasit dan 39 asisten wasit dari 18 asosiasi anggota telah dipilih berdasarkan keterampilan dan kompetensi manajemen permainan pengetahuan teknis, kebugaran fisik serta penampilan yang ditampilkan pada level tertinggi di turnamen global dan kontinental.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, wasit wanita dipercaya memimpin di Piala Asia 2023. Satu dari lima wasit wanita yang terpilih adalah Yoshimmi Yamashita asal Jepang.

Yoshimi adalah wasit yang pernah memimpin pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar. Di situ, Yoshimi merupakan satu dari enam wasit wanita yang mendapat kepercayaan.

Di saat bersamaan, ada wasit berpengalaman yang dipilih memimpin di Piala Asia 2023, yakni Alireza Faghani. Ini akan menjadi Piala Asia ketiga untuknya.

Selain itu, ada nama wasit berpengalaman lainnya, yakni Abdulrahman Al-Jassim asal Qatar, yang sempat memimpin pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 Qatar.

[Baca Juga: Ini Penyebab Prestasi Voli Putri RI Belum Maksimal versi Wilda Nurfadhilah]