Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Selama tampil di Asian Games, timnas Indonesia belum mampu meraih medali emas di era enam presiden.

Asian Games 2022 Hangzhou merupakan edisi ke-19. Ajang pesta olahraga Asia ini sejatinya digelar di tahun 2022, tapi diundur satu tahun karena Covid-19.

Di Asian Games, timnas Indonesia sudah tampil 10 kali dengan pencapaian terbaik adalah meraih medali perunggu di 1958 yang digelar di Tokyo, Jepang.

Di tahun 1958, Indonesia mengalahkan India dengan skor 4-1 dalam pertandingan perebutan medali perunggu. Itu adalah satu-satunya mdali yang bisa diraih skuat Garuda di cabang sepak bola.

Artinya, sepak bola Indonesia meraih medali perunggu di era kepemimpinan Presiden Soekarno.

[Baca Juga: Apa Sih Penyebab Timnas Indonesia Keok Lawan China Taipei?]

Di era Presiden Soekarno juga sepak bola Indonesia meraih hasil cukup bagus di Asian Games. Setelah gugur pada laga pertama di debut Asian Games 1951, Indonesia berhasil lolos ke semifinal di 1954.

Sayang, pada pertandingan perebutan medali perunggu, Indonesia kalah lawan China dengan skor 2-4.

Di tahun 1962 atau era terakhir kepemimpinan Presiden Soekarno, prestasi sepak bola Indonesia justru menurun. Skuat Merah Putih tersisih di fase grup. Penyebabnya adalah, banyak pemain terbaik tak bisa tampil karena terlibat kasus perjudian dan pengaturan skor.