Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Lengkap sudah daftar tim yang lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022. Tiga di antaranya wakil dari Asia Tenggara.

Indonesia adalah satu dari tiga negara Asia Tenggara yang berhasil melaju ke babak 16 besar.

Tim asuhan Indra Sjafri kalah 0-1 lawan Korea Utara di laga pamungkas Grup F, Minggu 24 September 2023.

Dalam laga yang dihelat di Zhejiang Normal University East Stadium, Minggu 24 September 2023, satu-satunya gol Korea Utara dicetak Kim Yusong.

Hasil ini menempatkan Korea Utara sebagai juara Grup F dengan mengemas sembilan poin. Sedangkan Indonesia di posisi tiga dengan tiga poin dan Kirgistan di posisi dua.

Gegara mundurnya dua negara, Afganistan dan Suriah, maka harus ada empat tim peringkat tiga terbaik untuk menemani juara dan runner-up grup.

China dan India menjadi juara dan runner-up Grup A. Sementara Myanmar lolos jadi peringkat tiga terbaik. Myanmar menjadi negara Asia Tenggara kedua selain Indonesia.

Dua kekuatan sepak bola Asia, Iran dan Arab Saudi menjadi juara dan runner-up Grup B. Sementara Vietnam, yang ada di posisi tiga, nggak cukup untuk lolos sebagai peringkat tiga terbaik.

Vietnam menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang gagal lolos ke babak 16 besar.

Uzbekistan dan Hong Kong sudah pasti lolos dari Grup C karena Suriah dan Afganistan mundur. Keduanya tinggal bertanding memperebutkan status juara dan runner-up.

Jepang, Palestina, dan Qatar menjadi tim perwakilan dari Grup D. Sementara Korea Selatan, Bahrain, dan Thailand lolos mewakili Grup E.