Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Eks kiper Persipura, Yoo Jae-hoon buka-bukaan soal sosok yang mengajarinya bahasa Indonesia termasuk kata-kata jorok.

Yoo Jae-hoon adalah eks kiper Persipura yang berasal dari Korea Selatan. Dia dikenal sangat tangguh mengawal gawang tim Mutiara Hitam.

Bisa dibilan Yoo Jae-hoon adalah kiper legenda Persipura. Dia sempat dua kali bergabung dengan tim asal Papua itu.

Pertama, dia main di tahun 2010-2014. Kemudian, dia balik lagi ke Persipura tahun 2016-2018.

Bersama Persipura, Yoo Jae-hoon memenangkan dua gelar Liga Indonesia (2011 dan 2013). Dia juga sempat mendapatkan penghargaan kiper terbaik Liga Super Indonesia (ISL) di tahun 2013.

Kini, Yoo Jae-hoon tetap berkarier di Indonesia sebagai salah satu asisten pelatih timnas Indonesia di bawah kepelatihan Shin Tae-yong.

[Baca Juga: An Se-young Dominasi Bulutangkis, Ternyata Dilatih Orang Indonesia]

Sebagai kiper asing, Yoo Jae-hoon mengaku kesulitan dalam hal komunikasi saat bergabung dengan Persipura. Apalagi kebanyakan pemain juga tak bisa berbahasa Inggris.

"Kesan pertama bertemu rekan-rekan di Persipura itu kendalanya bahasa. Saya nggak bisa bahasa Indonesia, mereka juga nggak lancar bahasa Inggris," ujar kiper yang akrab disapa Pace, saat tampil di channel YouTube Sport77.

Yoo Jae-hoon mengaku hanya butuh waktu sekitar satu bulan untuk bisa sedikit lancar bicara dengan bahasa Indonesia. Hebatnya, dia sama sekali tak mengikuti kursus private (pribadi).