Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Pelatih Shin Tae-yong disebut berminat menggunakan kiper keturunan Indonesia. Tapi, asisten pelatihnya punya pandangan berbeda.

Belakangan, banyak warganet yang meminta Shin Tae-yong mencari kiper keturunan Indonesia untuk memperkuat timnas Indonesia.

Sebelumnya, sudah ada banyak pemain keturunan yang dijadikan WNI dan memperkuat timnas Indonesia.

Beberapa nama tersebut sudah masuk ke skuat timnas Indonesia di berbagai level usia, tapi belum ada pemain keturunan di posisi kiper.

Rafael Stuick, Jordi Amat, Ivar Jenner, Welber Jardim, Elkan Baggott, Shayne Pattynama, Sandy Walsh adalah beberapa nama pemain keturunan yang dipanggil ke skuat Merah Putih.

[Baca Juga: Emas di Kejuaraan Dunia Junior Bukan Berarti Dosa PBSI Diampuni]

Tapi, dari nama-nama tersebut tak ada satu pun yang berposisi sebagai kiper. Kemudian, sempat muncul dua nama kiper keturunan yang disebut akan dijadikan WNI, yakni Emil Audero Mulyadi dan Cyrus Margono.

Emil saat ini bermain dengan Inter Milan di Italia, sedangkan Cyrus memperkuat klub Yunani, Panathinaikos B.

Tenaga Ahli Diaspora Kemenpora, Hamdan Hamedan mengatakan, pelatih Shin Tae-yong pernah mengatakan langsung kepadanya bahwa dia hanya mau melirik Cyrus Margono saat sudah punya paspor Indonesia.

"Waktu itu Shin Tae-yong mengatakan pada saya, dia hanya mau melirik Cyrus kalau sudah ada paspor (Indonesia)," kata Hamdan, kepada SportCorner.id.