Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia akan menjalani laga yang sangat menentukan kontra Jepang di matchday ketiga fase grup Piala Asia pada Rabu (24/1/2024) mendatang.

Shin Tae-yong selaku pelatih Tim Garuda punya pengalaman menghadapi The Blue Samurai namun tetap saja target tiga poin masih akan dirasa terlalu tinggi menghadapi favorit terkuat juara.

Sebelum menangani Indonesia, Shin Tae-yong sebelumnya bekerja sebagai nakhoda sangara negara asalnya yakni Korea Selatan.

Selain level senior, ia pun juga sempat melatih Korsel kelompok usia seperti U-23, U-22, dan U-19 dalam rentang waktu tiga tahun.

Uniknya Shin Tae-yong hanya pernah sekali memimpin Korsel menghadapi Jepang di panggung resmi. Cukup aneh mengingat kedua negara adalah rival berat di kawasan Asia dan harusnya sering bertemu di babak akhir turnamen.

Baca juga: Negaranya Out dari Piala Asia, Pundit Malaysia Puji Tim Muda Indonesia

Satu-satunya pengalaman pria 53 tahun itu melawan Jepang datang di ajang EAFF 2017, kompetisi regional bagi negara-negara Asia Timur. Tidak jauh berbeda dengan AFF untuk mereka di zona Asia Tenggara.

Di final, Korsel ditantang Jepang dan Shin Tae-yong berhasil meracik taktik yang membuat anak-anak asuhnya menang telak 4-1.

Hanya saja EAFF tidak bisa menjadi ajang tolak ukur kekuatan para negara pesertanya mengingat kebanyakan pemain yang dipanggil hanyalah mereka yang bermain untuk klub lokal masing-masing.