Sunday, July 07, 2024

www.SportCorner.id - Usai tumbang dari Jepang, posisi timnas Indonesia di klasemen peringkat ketiga terbaik sementara Piala Asia 2023 jadi semakin terancam.

Kekalahan 3-1 dari sang favorit juara kini membuat Tim Garuda hasus bergantung pada hasil pertandingan grup lain untuk bisa lolos ke 16 besar.

Saat ini urutan di tabel tersebut adalah Palestina (4 poin), Suriah (4 poin), Bahrain (3 poin), Indonesia (3), China (2 poin), dan Oman (1 poin).

Dua negara pertama sudah dipastikan berhakt melaju ke fase gugur sementara hanya China yang statusnya sudah tereliminasi.

Praktis tinggal Bahrain, Indonesia, dan Oman yang masih bertahan untuk memperebutkan dua tiket tersisa menuju 16 besar namun cuma Merah-Putih yang tidak dapat menentukan nasib sendiri.

Baca juga: Profil Ayase Ueda, MOTM Jepang vs Indonesia dan Penembak Jatuh Garuda

Oman misalnya. Mereka berada di Grup F dan akan menghadapi Kirgistan di matchday terakhir dan mereka dalam posisi diunggulkan.

Kirgistan belum punya poin maupun gol sejauh ini di Piala Asia sehingga mereka diragukan untuk sekedar menahan imbang Oman.

Tambahan tiga poin akan membawa Oman menjadi runner up Grup F dengan catatan mereka membantai Kirgistan lebih dari dua gol dan di saat bersama Thailand tumbang dari Arab Saudi.