Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Liga Thailand akan jadi petualangan Asnawi Mangkualam berikutnya usai ia resmi diumumkan sebagai pemain baru Port FC, Jumat (26/1/2024).

Bek kanan timnas Indonesia tersebut digaet sebagai transfer tengah musim usai kontraknya bersama kesebelasan kasta kedua Korea Selatan, Jeonnam Dragons, tidak diperpanjang.

Transfer ini sangat menarik mengingat tidak banyak pemain Indonesia yang bisa menembus Liga Thailand dikarenakan kompetisi tersebut adalah yang terbaik di Asia Tenggara.

Nama-nama seperti Irfan Bachdim, Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, dan Terens Puhiri pernah mengadu nasib ke negeri gajah di masa lampau namun tidak ada yang bertahan lama.

Asnawi patut bekerja keras untuk bisa memutus tren negatif tersebut terutama karena Port bukan klub sembarangan. Mereka termasuk salah satu tim raksasa dan punya ambisi besar di sana. Berikut ini profilnya.

Baca juga: Asnawi Resmi Gabung, ini Daftar Pemain Port FC di Piala Asia 2023

Port FC dibentuk pada 1967 di ibu kota Thailand, Bangkok, oleh perusahaan sejenis BUMN yang mengurus bagian kedermagaan yakni Port Authority of Thailand (PAT).

Di 2009 Port mulai menjadi klub dengan PT sendiri menyusul perubahan regulasi dari federasi sepakbola Thailand. Hanya saja hal ini kemudian sempat jadi polemik.