Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Di paruh kedua musim 2023/2024, Liga Thailand menyambut kedatangan dua pemain timnas Indonesia yakni Asnawi Mangkualam dan Yanto Basna.

Hanya saja keduanya akan memperkuat kesebelasan berbeda. Asnawi bakal berbaju Port FC sementara Basna membela panji PT Prachuap.

Asnawi telah resmi menuntaskan transfernya ke klub raksasa Liga Thailand, Port, pada Jumat (26/1/2024) lalu. Ini adalah pengalaman pertamanya merumput di negeri gajah putih.

Sebelumnya bek kanan 24 tahun itu sempat merasakan kerasnya persaingan kasta kedua Korea Selatan bersama Ansan Greeners dan Jeonnam Dragons usai lebih dulu membela Persiba Balikpapan juga PSM Makassar di tanah air.

Sementara itu Basna sudah lebih makan asam garam karena 2024 bukan tahun pertamanya mengadu nasib ke Thailand.

Baca juga: Bedah Kans Tampil Asnawi di Port FC, Bek Timnas Thailand jadi Saingan!

Baru berusia 28 tahun, bek tengah kelahiran Sorong tersebut memulai karier senior bersama Mitra Kukar, Persib Bandung, dan Sriwijaya di Indonesia sebelum kemudian di 2018 memulai petualangan ke negara tetangga.

Sudah banyak klub Thailand yang mengandalkan jasa Basna. Mulai dari Khon Kaen FC (2018) sampai Sukhotai FC (2018-2020).

Bahkan Prachuap sebelum ini pun sudah pernah mengkontrak Basna di periode 2020-2022. Apabila tidak terkendala cedera, mungkin saja Basna tidak pulang ke Indonesia dalam dua tahun terakhir untuk membersamai Bhayangkara FC dan Kalteng Putra.