Friday, October 18, 2024

wwww.SportCorner.id - Duel antara dua pelatih Graham Arnold dan Shin Tae-yong jadi salah satu magnet laga 16 besar Piala Asia 2023 antara Australia vs Indonesia.

Sebelum bersua di Jassim bin Hamad Stadium pada hari ini, Minggu (28/1/2024), rupanya kedua juru taktik sudah pernah saling beradu strategi di kesempatan lain.

Menurut data Transfermarkt, Arnold dan STY sudah empat kali berhadapan baik di level klub maupun tim nasional dengan 3 April 2012 jadi tanggal pertemuan pertama mereka.

Kala itu STY masih menukangi klub di negara asalnya, Korea Selatan, yakni Seongnam Ilhwa yang kini berubah nama jadi Seongnam FC. Sementara itu Arnold menjabat sebagai nakhoda tim Australia, Central Coast Mariners.

Seongnam dan Mariners dipertemukan di Grup G Liga Champions Asia. Laga pertama di Australia berakhir imbang 1-1 namun 15 hari kemudian STY memimpin anak-anak asuhnya menang besar 5-0 untuk kemudian menjadi juara kumpulan serta lolos ke 16 besar.

Baca juga: Pantang Remehkan Indonesia, Australia Puji Shin Tae-yong & Marselino

Arnold baru bisa membalas STY sekitar delapan tahun demikian di Grup G ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada 26 dan 29 Oktober 2021.

Saat itu STY sudah menjabat sebagai pelatih timnas Indonesia di berbagai jenjang dan ia merasakan keganasan Australia yang menguasai level Asia sampai ke tingkat usia muda.