Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Jadi favorit teratas, Jepang nyatanya harus tersingkir oleh Iran di babak perempat final Piala Asia 2023 pada Sabtu (3/2/2024) malam WIB.

Dengan ini The Blue Samurai harus kembali menunda untuk menjadi raja sepakbola benua kuning setidaknya sampai 2027 mendatang.

Menghadapi Iran di Education City Stadium, Jepang sebenarnya bisa unggul lebih di babak pertama lewat gelandang mereka yakni Hidemasa Morita.

Hanya saja Iran mampu bangkit di paruh kedua dan bisa menyamakan skor hanya lima menit pasca restart via Mohammad Mohebi.

Alireza Jahanbakhsh kemudian menjadi pahlawan comeback dari The Lions of Persia di masa injury time dengan eksekusi penaltinya sekaligus mengirim Jepang angkat koper dari Qatar lebih cepat dari prediksi semula.

Baca juga: Statistik Pertandingan Iran vs Jepang: Tim Samurai Biru Angkat Koper

Kekalahan ini membuat Jepang dipastikan belum akan menambah gelar juara Piala Asia mereka lagi yang berjumlah empat. Kali terakhir mereka angkat trofi adalah 2011 silam.

Semenjak itu sudah lebih dari satu dekade berlalu dan tentunya ini bukan hal yang ingin didengar oleh mereka.

Tidak hanya kesempatan mengakhiri puasa gelar saja yang Jepang lepas usai tersingkir dari Piala Asia 2023, namun takhta mereka sebagai pemegang titel terbanyak kompetisi empat tahunan itu juga bisa goyah.