Sunday, July 07, 2024

www.SportCorner.id - Piala Asia 2023 resmi usai menggelar rangkaian pertandingan babak delapan besar dan kini telah mendapatkan empat tim untuk semifinal per Sabtu (3/2/2024).

Keempat tim tersebut adalah Yordania, Korea Selatan, Iran, dan Qatar. Setiap negara punya latar belakang uniknya sendiri dalam jalan mereka ke empat besar.

Qatar yang bertindak sebagai tuan rumah dan juara bertahan memastikan kelolosan paling akhir usai menggulingkan Uzbekistan via match dramatis.

The Maroons perlu melewati 120 menit plus adu penalti usai berimbang 1-1 sebelum kemudian menunjukkan clutch gene mereka dan unggul 3-2 di babak tos-tosan.

Bila nantinya angkat trofi, maka Qatar akan jadi juara bertahan kelima yang mempertahankan mahkotanya setelah Korsel, Iran, Jepang, dan Arab Saudi sekaligus tuan rumah yang mampu menjadi raja di kandang sendiri sejak Jepang di 1992 silam.

Baca juga: Disingkirkan Iran, Jepang Perpanjang Puasa Titel Piala Asia

Sementara itu Iran juga menjalani skenario yang tidak kalah dramatis kala memulangkan Jepang yang merupakan favorit teratas di Piala Asia 2023.

Sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama, The Lions of Persia berbalik unggul di paruh kedua dengan penalti injury time Alireza Jahanbakhsh menjadi pendorong mereka menuju semifinal.