Sunday, September 08, 2024

www.SportCorner.id - Pelatih kepala Vietnam, Philippe Troussier, resmi dicopot dari jabatannya usai kekalahan 0-3 dari timnas Indonesia pada Selasa (26/3/2024) di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pria asal Prancis itu rupanya bukan sosok manajer pertama yang The Golden Star Warriors depak pasca kekalahan memalukan dari Tim Garuda. Sebelumnya ada juga Edson Tavares.

Tavares adalah juru taktik berpaspor Brasil yang malang melintang berkarier di Asia nyaris sudah dalam empat dekade terakhir.

Ia sempat menukangi Vietnam di dua periode yakni 1994-1995 dan di 2004. Masa jabatan keduanya berakhir pahit karena hanya bertahan sepuluh bulan.

Tavares kala itu ditugaskan oleh VFF untuk mendampingi Vietnam di ajang Piala Tiger 2004 (kini Piala AFF) dimana mereka bertindak sebagai tuan rumah saat fase grup.

Baca juga: Statistik Vietnam vs Indonesia: Garuda Menang Telak!

Tergabung di Grup A, Vietnam kebagian grup berat dengan adanya Indonesia juga Singapura di sana namun optimisme mereka masih tinggi.

Le Cong Vinh dan kolega berhasil menahan imbang sang favorit juara Singapura 1-1 di matchday pembuka sebelum kemudian membantai Kamboja 9-1. Tidak heran mereka termotivasi saat menghadapi Indonesia di matchday ketiga.