Sunday, July 07, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia kini tengah merasakan grafik performa meningkat baik di level senior maupun U-23 dan hal ini bisa dibuktikan dengan capaian ajang Piala Asia mereka.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong bahkan jadi sangara terbaik Asia Tenggara saat ini berkat kelolosan ke fase gugur masing-masing kompetisi.

Di Piala Asia 2023, timnas Indonesia untuk kali pertama bisa melaju ke babak 16 besar meski tergabung dalam Grup D yang juga berisi Irak, Jepang, dan Vietnam.

Memang Tim Garuda tertolong dengan status salah satu tim peringkat ketiga terbaik untuk bisa lolos ke 16 besar namun di awal turnamen mereka diprediksi jadi juru kunci.

Hanya timnas Indonesia saja dan Thailand wakil ASEAN yang bisa lolos dari fase grup Piala Asia U-23 sementara Vietnam bersama Malaysia tereliminasi.

Baca juga: Lupakan Dulu Pertemanan, Pelatih Korsel Siap Hajar STY dan Indonesia

Sementara itu sukses serupa juga didapatkan timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Masuk di Grup A bersama Australia, Yordania, dan tuan rumah Qatar, secara mengejutkan Garuda muda mampu menjadi runner-up dan pergi ke perempat final.

Kali ini hanya Vietnam yang menjadi rekan sesama negara Asia Tenggara di delapan besar mengingat Thailand dan Malaysia sudah harus angkat koper.