Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia U-23 sebenarnya gagal melangkah ke semifinal andai tendangan penalti Justin Hubner tidak diulang wasit.

Indonesia berhasil melangkah ke semifinal Piala Asia U-23 setelah menyingkirkan Korea Selatan.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Abdullah bih Khalifa, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB, Indonesia menang dalam drama adu penalti.

Di waktu normal 2x45 menit, Indonesia dan Korea bermain imbang 2-2. Dua gol skuat Garuda Muda diborong Rafael Struick. Sedangkan dua gol Korea dicetak bunuh diri Komang Teguh dan Jeong Sang-bin.

Korea harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-50 setelah Lee Young-jun mendapat kartu merah karena menginjak kaki Justin Hubner.

[Baca Juga: Shin Tae-yong: Dilempar Telur, Singkirkan Korea, Minta Maaf]

Saat adu penalti, Indonesia berhasil menang dengan skor 11-10. Dua penendang Korea gagal mencetak gol, sementara di kubu Indonesia hanya satu penendang, yakni Arkhan Fikri.

Ada insiden menarik saat drama adu penalti saat kedudukan 5-4 untuk keunggulan Korea. Penendang kelima Indonesia, Hubner, gagal mencetak gol karena bola hasil sepakannya ditepis kiper Korea, Baek Jong-bum.

Tapi, wasit meminta tendangan penalti Hubner diulang dan Indonesia batal tersingkir. Lalu, apa penyebab wasit meminta tendangan penalti Hubner diulang?