Thursday, July 04, 2024

www.SportCorner.id - Maarten Paes membeberkan alasan di balik keputusannya mau menjadi WNI dan memperkuat Timnas Indonesia.

Paes resmi mengambil sumpah menjadi WNI pada 30 April 2024 di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta.

Dia adalah salah satu pemain yang direkomendasikan Shin Tae-yong berbarengan dengan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

Di saat Haye dan Oratmangoen resmi menjadi WNI, Paes harus menunda sedikit lebih lama proses pengambilan sumpah karena masalah regulasi FIFA soal kepindahan federasi.

PSSI sudah mengajukan banding soal status Paes ke Pengadilan Arbitrase Olahraga pada Maret lalu terkait status Paes yang pernah memperkuat Timnas Belanda U-21.

[Baca Juga: Sudah Ambil Sumpah, Maarten Paes Resmi Jadi WNI]

Paes memiliki darah Indonesia dari nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur. Kiper kelahiran 1998 itu mengaku, salah satu alasan mau jadi WNI karena faktor sang nenek yang sudah meninggal bulan lalu.

"Saya mau main dengan Timnas Indonesia sebagai bentuk penghormatan pada nenek saya yang meninggal sekitar satu bulan lalu," ujar Paes, di channel YouTube FC Dallas, Jumat (3/5/2024).

"Saya sangat dekat dengan nenek. Percakapan terakhir saya dengan nenek sebelum dia meninggal adalah soal ini (WNI). Saya melihat dia tersenyum dan ini sangat berarti baginya," katanya.