Rawat Skuter Matik Jangan Lupa Oli Gardan

Skuter matik juga memiliki oli gardan yang wajib diganti agar gearbox tidak 'menangis'

Share:
Oli gardan Skutik Dok sportcorner.id-CHADIE
Otomotif
Oli gardan Skutik Dok sportcorner.id-CHADIE

www.SportCorner.id Skuter matik (Skutik) kini jadi primadona di pasar roda dua tanah air, menggeser popularitas sepeda motor jenis bebek (cub). Pasalnya, skutik terbukti lebih praktis dan fungsional.

Naik skutik tak perlu repot oper gigi dan main tuas kopling. Lantai dek kaki depan yang luas juga bisa berfungsi untuk meletakkan barang bahkan galon air. Skutik juga tidak butuh penyetelan dan perawatan rantai.

Saking prakstisnya, tidak sedikit para pemilik skutik yang lupa keberadaan oli gearbox sehingga luput dari perhatian sehingga mereka lupa bahwa 'oli gardan' skutik itu juga butuh penggantian secara rutin.

Oli gardan skutik bertugas untuk melumasi rangkaian roda gigi yang ada dalam gearbox. Sementara gearbox sendiri berfungsi mereduksi putaran mesin setelah diolah pada transmisi CVT.

Baca juga: Cara Memperpanjang Usia Transmisi Mobil Matik

Gearbox juga berfungsi untuk meningkatkan kekuatan torsi yang disalurkan ke roda belakang. Oleh karena itu butuh oli yang baik untuk melumasi agar kinerja gearbox optimal.

Penggantian oli gardan skutik umumnya setiap 4.000-6.000 km. Untuk lebih akuratnya, penggantian oli gardan sebaiknya mengikuti petunjuk yang ada pada buku panduan pemilik kendaraan (manual book).

Apa jadinya kalau oli gardan tidak diganti?


Baca Juga

4 Tips Berkendara Aman dan Nyaman saat Liburan

Daftar Mobil dan Motor Terbaik Pilihan Forwot 2024

Tips Cuci Mobil saat Musim Hujan, Cegah Kusam

Tiga Ruas Tol Ini Didiskon 10 Persen selama Libur Natal

H-7 Libur Natal, 152 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Chery Omoda E5 Meriahkan PLN Mobile EVenture 2024

Hino Garap Pasar Bus Besar di Kalimantan Timur