Wednesday, August 07, 2024

www.SportCorner.id - Jika cermat, anda pasti menyadari kenapa Euro 2024 tidak memiliki laga perebutan juara ketiga seperti layaknya turnamen internasional kebanyakan.

Padahal big match antara Prancis vs Belanda bisa disaksikan fans jika pertandingan tersebut digelar namun UEFA rupanya menganggap hal ini hanya 'buang-buang waktu' saja.

Dilansir dari Give Me Sport, Euro dulunya memiliki playoff untuk posisi ketiga namun memilih untuk berhenti menyelenggarakannya.

UEFA merasa minat pada laga tersebut tidaklah tinggi usai melihat volume penonton yang datang ke stadion menyusut.

Rating pertandingan di televisi juga jauh dari harapan yang mana membuat badan tertinggi sepakbola Eropa tersebut menghapus laga tersebut dari agenda Euro.

Baca juga: Maarten Paes Ngebet ke Empoli, FC Dallas Mau Lepas dengan Syarat Ini

Kali terakhir perebutan juara ketiga dimainkan adalah pada Euro 1980 dimana Cekoslovakia menang adu penalti 9-8 atas Italia yang jadi tuan rumah pasca berimbang 1-1.

Itu adalah medali perunggu ketiga Cekoslovakia yang kini sudah tidak ada. Mereka juga meraihnya pada edisi Euro pertama di 1960.

Setelahnya Hungaria (1964), Inggris (1968), Belgia (1972), dan Belanda (1976) juga mendapatkan hadiah hiburan pasca gagal melangkah ke final.