Thursday, August 22, 2024

www.SportCorner.id - Sesuai janjinya untuk serius berkiprah di industri otomotif Indonesia, VinFast Auto memulai pembangunan pabrik perakitan kendaraan listrik pertamanya di Indonesia yang ditandai dengan peletakan batu pertama di Subang, Jawa Barat.

Pabrik yang berlokasi dikawasan industri yang sedang berkembang di Subang ini dibangun dengan investasi awal sekitar US$200 juta dan akan beroperasi dengan kapasitas produksi 50.000 unit per tahun.

Pabrik kendaraan ini mencakup beberapa area produksi utama seperti Body Shop, General Assembly Shop, Paint Shop dan area pengujian, dan lain-lain.

VinFast menjadwalkan pabrik ini mulai beroperasi pada Kuartal 4 tahun 2025 dan akan memproduksi model e-SUV versi kemudi kanan, termasuk seri VF 3, VF 5, VF 6, dan VF 7 untuk pasar Indonesia.

Baca juga: VinFast Siapkan 6 Model Mobil Listrik di GIIAS 2024

Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko menyatakan, kehadiran VinFast tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, tetapi juga akan membuka peluang kerja baru serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Pemerintah Indonesia sangat mendorong investasi asing masuk ke negara kita, khususnya di sektor industri otomotif. Kami percaya bahwa kehadiran VinFast akan membawa inovasi teknologi dan transfer pengetahuan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing industri otomotif nasional," papar Moeldoko, Senin (15/7).