Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Cuaca panas musim kemarau tidak hanya berimbas bagi kesehatan mahluk hidup, tetapi juga kesehatan mobil. Mobil semakin tersiksa saat menghadapi jalan macet di tengah cuaca panas puncak musim kemarau yang diperkirakan berada di antara Juli-Agustus 2024.

Agar kendaraan tetap sehat di cuaca panas, diler Toyota Auto2000 menganjurkan untuk memperhatikan beberapa komponen berikut ini:

1. Radiator

Radiator merupakan komponen garda terdepan menghadapi cuaca panas supaya mesin mobil tidak overheat. Suhu lingkungan yang sudah tinggi, ditambah menghadapi jalan macet membuat radiator tidak mendapatkan pasokan udara segar. Hal ini akan menghambat proses pendinginan cairan radiator.

Periksa radiator dan pastikan tidak ada kebocoron atau karat, serta sirip radiator tidak penyok atau sobek. Selang dan sambungannya wajib diperhatikan karena ada risiko getas.

Baca juga: 9 Cara Sehat Mencegah Ngantuk Saat Mengemudi

Tutup radiator harus dalam kondisi prima karena tugasnya mengatur tekanan cairan radiator. Yang terpenting, kipas pendingin radiator wajib dalam kondisi prima.

Untuk mengoptimalkan sistem pendinginanmesin, Auto2000 menganjurkan penggunaan radiator coolant TMO yang sesuai spesifikasi Toyota serta iklim tropis Indonesia, dan memastikan radiator coolant pada tabung reservoir tidak kurang.

2. Ban