Monday, September 09, 2024

www.SportCorner.id - Pecinta sepeda motor sejati pasti tahu dong merek Ducati asal Italia? Pernahkah kamu memperhatikan pada bagian tachometer-nya yang tidak memiliki redline sebagai tanda batas putaran mesin? Jawabannya simpelnya adalah Desmodromic!

Desmodromic adalah teknologi katup yang menjadi salah satu fitur ikonik pada sepeda motor Ducati. Katup Desmodromic adalah sistem mekanisme katup yang pertama kali diperkenalkan oleh Ducati pada 1950-an. Sistem ini dirancang untuk mengatasi kelemahan katup konvensional dengan sistem pegas.

Pada sistem katup konvensional, pegas digunakan untuk mengembalikan katup ke posisi tertutup setelah katup terbuka karena ditekan oleh profil poros bubungan/camshaft. Dengan kata lain, tugas camhaft hanya berfungsi untuk 'menyundul' katup agar terbuka, sementara tugas menutup diserahkan pada pegas.

Baca juga: Apa Fungsi Turbo dan Intercooler pada Mesin Mobil?

Sebaliknya, sistem katup desmodromic proses membuka dan menutup katup seluruhnya diatur langsung oleh camshaft. Sebuah katup diatur oleh dua profil pada camshaft. Profil yang satu untuk membuka katup, dan profil lainnya bertugas untuk menutup katup.

DESMO - DUCATI