Tuesday, September 10, 2024

www.SportCorner.id - Tidak sedikit yang menyangka bahwa perangkat AC mobil itu sangat penting saat cuaca panas terik. Meskipun tidak salah, namun faktanya, perangkat penyejuk ruangan itu justru lebih dibutuhkan saat hujan deras.

Anda masih bisa berkendara di panas terik tanpa AC sama sekali. Anda bisa membuka jendela agar angin segar masuk untuk mengusir udara panas dari dalam kabin.

Sebaliknya, Anda akan sangat sulit berkendara tanpa AC saat hujan deras. Jika Anda menutup seluruh jendela agar air hujan tidak masuk maka seluruh permukaan kaca akan berembun dan menghalangi pandangan.

Baca juga: Bahaya Mengintai Para Pengemudi dengan Posisi Jam 11:05

Hal ini diakibatkan oleh uap air yang terkandung di dalam udara di kabin mobil terkondensasi pada permukaan bagian dalam kaca yang suhunya lebih dingin akibat terpapar air hujan dari luar kabin.

Untuk menghilangkan embun tebal pada kaca bagian dalam, Anda harus mengurangi selisih perbedaan suhu udara di luar dengan suhu di dalam kabin.

Membuka jendela lebar-lebar bisa mengatasi namun kabin akan basah kuyup. Oleh karena itu satu-satunya cara yang paling benar adalah dengan mengaktifkan alat penyejuk udara alias AC.