Tuesday, September 10, 2024

www.SportCorner.id - Ronaldo Kwateh resmi diumumkan sebagai pemain baru klub kasta teratas Thailand, Muangthong United, pada Rabu (7/8/2024).

Striker berusia 19 tahun itu menjadi pemain asal Indonesia pertama yang pernah direkrut oleh kesebelasan berjuluk The Twin Qilins tersebut.

Kepindahan Ronaldo ke Muangthong sebelumnya sudah diprediksi pasca kontrak si pemain dengan Bodrum FK tidak diperpanjang.

Selama semusim di Turki, penyerang multi posisi berdarah Liberia itu hanya dimainkan bersama tim junior dan akademi tanpa sekalipun diberi debut senior.

Itulah kenapa Ronaldo pun memutuskan untuk meninggalkan Eropa untuk menjajal peruntungan di Asia Tenggara.

Baca juga: Dipinjamkan Klub Masing-masing, Hubner & Baggott Tunda Ukir Rekor Ini

Alih-alih pulang ke Indonesia dimana ia sudah pernah memperkuat Madura United, Ronaldo memilih menerima tawaran dari Muangthong.

Muangthong terbilang berani karena mau memberikan kesempatan bagi pemain muda seperti Ronaldo untuk jadi bagian dari tim mereka pada 2024/2025.

Pasalnya selain masih minim pengalaman di first team football, putra dari Roberto Kwateh tersebut juga berasal dari Indonesia yang jarang mengekspor pesepakbola top ke Thailand.

Sejak didirikan pada 1989 silam, Muangthong United lebih percaya pada pemain asing asal Brasil seperti klub-klub kebanyakan dengan total 12 rekrutan.