Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Sinar matahari dipercaya sangat baik karena dapat meningkatkan kadar vitamin D yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun sebaliknya, paparan radiasi sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit. Hal ini pernah diungkap oleh Jurnal ilmiah The New England Journal of Medicine

Dalam jurnal tersebut melampirkan sebuah foto wajah seorang pria berusia 69 tahun yang berprofesi sebagai sopir truk. Wajah pria tersebut nampak masih sehat pada satu sisi, sementara sisi lainnya menunjukkan keriput yang parah.

Hal ini diakibatkan kulit pria tersebut mengalami dermatoheliosis unilateral, yaitu gejala kerusakan dan penuaan kulit yang parah akibat paparan sinar ultraviolet (UV) pada salah satu sisi wajahnya.

Baca juga: Usai Dicuci Mengapa Mobil tidak Tampak Segar?

Sisi wajah yang dekat dengan jendela samping mengalami penuaan dini akibat sinar matahari. Penyebabnya adalah sinar Ultraviolet A yang menembus jendela samping pengemudi.

Pengemudi truk pengiriman barang ini telah menjalani profesinya selama 28 tahun. Setiap hari sinar ultraviolet A menembus kaca jendela dan mengenai sisi kiri wajahnya yang membuat kulitnya mengalami gejala penuaan dini.

Karena di Amerika dan Eropa menganut setir kemudi di sebelah kiri, kulit wajah bagian kiri pria ini juga mengalami penebalan dan pengenduran kulit akibat serat elastis pada sisi kiri wajahnya rusak.