Wednesday, September 18, 2024

www.SportCorner.id - Atlet gimnastik Amerika Serikat, Jordan Chiles harus legowo medali perunggu Olimpiade Paris 2024 miliknya dicabut.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) meminta atlet gimnastik Jordan Chiles mengembalikan medali perunggu yang diraihnya.

Ini berdasarkan dari keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Mereka memutuskan bahwa atlet Rumania, Ana Bărbosu adalah peraih medali perunggu yang sah.

CAS menyatakan bahwa, selama dengar pendapat dengan pejabat Rumania dan AS, tidak pernah ada perselisihan mengenai USA Gymnastics (USAG) yang melewatkan tenggat waktu satu menit untuk menantang skor Chiles.

Para juri Olimpiade awalnya merevisi skor Chiles. Itu membuat Chiles naik dari posisi kelima ke posisi tiga yang membuatnya berhak mendapat medali perunggu.

[Baca Juga: Usai Olimpiade Paris 2024, Gregoria Tak Lagi Didampingi Coach Herli]

Tim AS mengajukan banding dengan menunjukkan bahwa tingkat kesulitan yang dilakukan Chiles membuatnya berhak mendapat tambahan 0,1 poin. Ofisial pertandingan mengabulkan gugatan tersebut dan Chiles naik ke posisi ketiga.

Alhasil, Rana Barbosu harus rela posisinya turun ke peringkat lima. Tim Rumania pun melakukan banding balasan. Mereka berargumentasi bahwa banding Amerika Serikat diajukan lewat dari satu menit yang ditetapkan.