Thursday, September 12, 2024

www.SportCorner.id - Memiliki mobil pertama menjadi salah satu pencapaian besar bagi kaum Gen Z, generasi yang saat ini tengah meniti karier dan dalam fase membangun aset berharga.

Kondisi ini menjadikan Gen Z sebagai pasar potensial bagi pelaku industri otomotif. Terlebih populasi Gen Z dan purchasing power mereka yang kian meningkat.

Sebagai generasi yang melek teknologi, mereka punya kriteria sendiri dalam memilih mobil. Di antaranya inovasi, sustainability, dan mampu merepresentasikan jati diri mereka.

Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook Tire membagikan tips memilih mobil pertama untuk para Gen Z:

Baca juga: Cara Bijak Menggunakan Transmisi CVT Agar Lebih Awet

1. Tentukan budget yang sesuai dengan kemampuan finansial, terutama bagi yang baru merintis karier. Bagi Gen Z yang ingin mengambil skema kredit, disarankan agar besar cicilan tidak melebihi 30% dari total penghasilan. Usahakan uang muka (DP) sebesar mungkin untuk menghindari cicilan jangka panjang dan total bunga yang tinggi.

Selain harga mobil, perhatikan juga biaya lainnya seperti pajak tahunan yang bervariasi berdasarkan tipe kendaraan, kapasitas mesin, dan usia kendaraan.

Pertimbangkan biaya perawatan rutin seperti penggantian oli setiap 6 bulan atau ketika mobil telah menempuh 10.000 km. Jika memilih skema kredit, asuransi umumnya sudah termasuk dalam paket cicilan tersebut.