Thursday, September 12, 2024

www.SportCorner.id - Kondisi terbaik mobil adalah saat baru keluar dari diler. Sejumlah komponen masih berbungkus plastik, dengan cat yang mulus. Namun setelah itu, mobil akan menghadapi berbagai kekuatan brutal baik dari alam maupun ulah manusia.

Mobil akan digempur oleh paparan sinar matahari, hujan, debu, pasir, getah tanaman, air asin, kotoran burung, cara berkendara yang buruk, perawatan kendaraan yang sembarangan dan lain sebagainya.

Dari semua hal yang disebut di atas, sinar matahari menjadi faktor paling merusak dan terjadi secara perlahan tapi pasti sehingga kita tidak sadari. Kok bisa?

Baca juga: Akibat Tanpa Kaca Film Kulit Pria Ini Tampak Keriput Sebelah

Sebelum melanjutkan pembahasan, yuk kita memahami unsur sinar matahari. Untuk yang masih ingat pelajaran fisika, tentu ingat bahwa sinar matahari memancarkan beberapa jenis cahaya, termasuk sinar inframerah (IR) dan ultraviolet (UV).

Pada intensitas tertentu, sinar UV bisa berguna untuk pembentukan vitamin D3 untuk kesehatan kulit dan tulang. Namun jika terpapar terlalu lama, dapat memberikan efek hiperpigmentasi sehingga kulit menjadi gelap, kulit kendur, penuaan dini dan kanker kulit serta katarak