Wednesday, September 18, 2024

www.SportCorner.id - Peran aki saat ini sama pentingnya pada sepeda motor seperti halnya mobil. Pasalnya, sebagian besar sepeda motor baru yang dijual di Indonesia tidak lagi dilengkapi kick-starter.

Jika aki tak kuat start, bisa disiasati dengan cara mendorong sepeda motor. Tapi hal itu tidak berlaku pada sepeda motor matik CVT. Padahal saat ini, produk sepeda motor yang beredar hampir semua bertransmisi CVT.

Hal inilah yang membuat aki sepeda motor menjadi sangat vital peranannya, sehingga perlu diperhatikan kondisinya agar selalu siap kapan pun saat kendaraan mau digunakan.

Baca juga: Tips Memilih Mobil Pertama bagi Pemula dengan Gaji Terbatas

Berikut beberapa tips sederhana untuk merawat aki sepeda motor Anda dengan benar. Jika sepeda motor Anda sudah terlanjur mogok saat membaca artikel ini, kami juga telah menyiapkan tips untuk itu.

Rutin memanaskan mesin jika jarang digunakan

Sepeda motor yang tidak digunakan setiap hari dapat menyebabkan daya aki cepat susut. Oleh karena itu, sebaiknya panaskan mesin sepeda motor setidaknya seminggu sekali.

Hidupkan mesinnya dan biarkan idle selama beberapa menit, untuk memberikan kesempatan daya aki terisi ulang, dan cairan pelumas bersirkulasi melindungi jeroan mesin.