Tuesday, September 17, 2024

Sportcorner.id - Liberty Media selaku pemilik F1 telah mengumumkan penjualan saham senilai 825 juta dolar AS atau setara Rp 12,7 triliunan untuk mendanai pembelian sisa saham MotoGP.

Pada April lalu, Liberty Media mengakuisisi 86 persen saham Dorna Sports, perusahaan asal Spanyol yang telah memiliki MotoGP sejak 1992.

Saat mengakuisisi 86 persen saham MotoGP dari Dorna, Liberty diketahui mengeluarkan uang hingga 4,2 miliar dolar AS atau setara Rp 72 triliun.

Sisa saham tetap berada di tangan manajemen MotoGP.

Namun, kini, Liberty mengumumkan penjualan lebih dari 10 juta saham, dengan harga 77,50 dolar AS (setara Rp 120 ribu) per saham.

Jika nantinya bisa benar-benar mengakusisi sisa saham yang masih dimiliki Dorna, maka Liberty akan jadi pemilik MotoGP sepenuhnya alias mendepak keberadaan Dorna.

Baca juga: Cewek-cewek Payung Berpakaian Seksi Akan Dihilangkan dari MotoGP?

Hasil penjualan saham tersebut dilaporkan akan membuat Liberty punya dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kesepakatan Dorna, meskipun sebagian dari hasil akan digunakan untuk tujuan perusahaan termasuk pembayaran utang.

Liberty Media Corporation telah mengumumkan bahwa mereka telah menetapkan harga penawaran umum yang diumumkan sebelumnya sebanyak 10.650.000 saham Seri C Liberty Formula One Common Stock (“FWONK”) pada harga penawaran umum sebesar $77,50 per saham.