Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Setelah sempat diuji dengan ketidakpastian soal bisa atau tidaknya pindah federasi, Maarten Paes akhirnya menerima panggilan pertama dari timnas Indonesia.

Untuk merayakan surat tugas kenegaraan perdananya tersebut sang kiper FC Dallas memilih untuk menyantap kuliner khas Indonesia di Amerika Serikat.

Pada Kamis (29/8/2024) diumumkan bahwa nama Paes masuk dalam daftar 26 pemain yang akan memperkuat timnas Indonesia di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Memang ia harus melewatkan laga pertama kontra Arab Saudi (6/9/2024) dan baru kemungkinan bisa debut melawan Australia (10/9/2024) plus diwajibkan bersaing dengan tiga stopper lain yakni Nadeo Argawinata, Ernando Ari, dan Adi Satryo namun Paes tetap senang.

Pasalnya harapan untuk membela Indonesia di panggung internasional sempat terancam meski ia telah resmi menjadi WNI sejak akhir April 20204 lalu.

Baca juga: Masuk Timnas Indonesia Meski Mandul, Hokky Caraka Banjir Kritik Lagi

Ada problem dalam permohonan perubahan federasi dari Belanda ke Indonesia pada FIFA yang mana sampai harus melibatkan pengadilan olahraga.

Beruntung PSSI bisa memenangkan banding dan akhirnya Paes yang dulunya adalah penggawa Belanda junior bisa dipanggil oleh Indonesia.