Monday, September 16, 2024

www.SportCorner.id - Toyota Indonesia Academy (TIA) berhasil mencetak 72 lulusan SDM ahli dan tersertifikasi yang terdiri dari 64 mahasiswa program studi D2 jurusan Tata Operasi Perakitan Kendaraan Roda Empat (TOPKR4) dan 8 mahasiswa program studi D1 Teknik Pemeliharaan Mesin Otomasi.

Sejak didirikan pada 2016 hingga saat ini, TIA telah melahirkan 327 SDM ahli yang sudah berkarya di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) maupun rantai pasok industri otomotif nasional.

TIA menerapkan transformasi kurikulum Advance Mechatronic melalui improve proses dengan pendekatan Toyota Production System dan pembekalan berkonsep project based learning. Kemampuan lulusan TIA juga diasah melalui praktik pelatihan kerja/pemagangan dan diaplikasikan dalam proses produksi manufaktur.

Baca juga: Toyota Ajak Generasi Muda Ikut Atasi Pemanasan Global

Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto menegaskan, kehadiran TIA berperan penting dalam membangun SDM. Beberapa target peningkatan mutu juga sudah dicanangkan TIA untuk mencetak SDM yang dapat meningkatkan inovasi pekerjaan, untuk mengakselerasi proses produksi manufaktur. "Sehingga lulusan TIA dapat menjadi lulusan kompeten bersertifikasi, yang mampu bersaing menjawab tantangan industri dan selalu berada di depan perubahan teknologi,” ujar Nandi.

Menurut Vice Presiden Direktur TMMIN Bob Azam, para lulusan TIA yang sudah mengenyam pendidikan karakter dan kurikulum mekatronik diharapkan dapat lebih cakap meningkatkan produktivitas dan efektivitas dalam proses produksi di manufaktur.