Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Balapan MotoGP Mandalika 2024 akan tetap digelar. Pemerintah pusat diminta membayar hosting fee sebesar 231,3 miliar Rupiah.

MotoGP Mandalika 2024 akan digelar di pada 27-29 September di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Sempat beredar balapan MotoGP Mandalika terancam batal karena masalah hosting fee. Hosting fee adalah sejumlah yang harus dibayarkan tuan rumah kepada pemegang lisensi, dalam hal ini Dorna Sports.

Besaran hosting fee tiap tuan rumah berbeda-beda. Biasanya, hosting fee di Eropa lebih murah karena pengangkutan logistik bisa ditempuh lewat jalur darat.

Pada tahun 2019, Thailand membawa hosting fee sebesar 9,8 juta Dolar AS atau sekitar 134 miliar Rupiah untuk menggelar MotoGP Buriram.

[Baca Juga: Tak Kuat Bayar Hosting Fee MotoGP Mandalika, APBD NTB Cuma Segini]

Saat pertama kali Mandalika menggelar balapan MotoGP, hostinge fee hanya sekitar 9 juta Dolar AS Atau 133 miliar Rupiah.

Tapi, seiring naiknya kurs dan inflasi, jumlah hosting fee mengalami peningkatan menjadi 231,3 miliar Rupiah.

Injourney Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memastikan bahwa MotoGP Mandalika 2024 akan tetap digelar pada 27-29 September.

Chairman MotoGP Mandalika sekaligus Direktur Komersial ITDC, Troy Reza Warokka, mengatakan, pembatalan MotoGP bisa merugikan banyak pihak.