Teknik Pengereman Motor Matic yang Aman saat Hujan

Salah satu contohnya adalah teknik pengereman sepeda motor jenis matic

Share:
Pahami cara pengereman motor matic yang benar (Bagus)
Otomotif
Pahami cara pengereman motor matic yang benar (Bagus)

SportConer.id - Berkendara sepeda motor terlihat sepele, namun tidak sedikit bikers yang belum paham dan mengetahui cara mengendarai sepeda motor yang benar dan aman. Salah satu contohnya adalah teknik pengereman sepeda motor jenis matic. Tak jarang bikers mengalami slip ban depan karena cara pengereman yang salah, terutama saat melakukan pengereman mendadak.

Kondisi hujan tidak hanya membuat bikers memerlukan perlengkapan khusus berkendara, tapi juga dibutuhkan konsentrasi dan khususnya teknik berkendara yang aman.

Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika, Asep wawan menerangkan hal tersebut lumrah terjadi dikarenakan bobot motor matic cenderung lebih berat di belakang dibanding di depan, oleh karena itu penting bagi bikers memahami cara pengereman yang benar.

"Berbeda dengan motor manual yang sistem pengeremannya bisa dibantu engine brake, sedangkan pada motor matic hanya mengandalkan rem dan feeling pengendara," ucap Asep, saat di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Untuk itu Aris mengingatkan, pada kecepatan tinggi di atas 40 km per jam, pengereman motor matic sebaiknya menggunakan teknik combi brake/rem kombinasi, yaitu menarik tuas rem bersamaan secara perlahan agar ban belakang tidak slip/ngebuang.

"Gunakan pijakan kaki untuk memindahkan bobot saat terjadi rem mendadak, karena ketika itu terjadi secara otomatis bobot pengendara akan mendorong ke depan, jadi jangan mengandalkan tumpuan pada setang dan tangan saja," tutup Asep.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah kondisi ban yang sudah botak/habis. Saat hujan kondisi ban yang botak sangat berpengaruh terhadap efek aquaplaning, karena sudah tidak bisa membuang air dengan sempurna sehingga traksi berkurang.


Baca Juga

Pertumbuhan baterai kendaraan listrik dan solusi penyimpanan energi ramah lingkungan. (Rubi)

Battery Show Indonesia Hadirkan Ekosistem Energi Berkelanjutan

Jetour memperluas jangkauan pasarnya hingga 67 negara. (Bagus)

Begini Strategi Bisnis Jetour Mendekatkan Diri dengan Konsumen

Pameran kendaraan listrik tahunan PEVS 2025. (Dyandra)

PEVS 2025 Diharap Dorong Pertumbuhan Mobil Listrik Nasional

Diler Honda Naga Motor 2 Lombok Timur merupakan diler mobil Honda kedua di Pulau Lombok. (HPM)

HPM Resmikan Diler Mobil Honda di Lombok Timur

The All-Electric ID. Buzz. (Volkswagen)

ID. Buzz Dinobatkan Sebagai 2025 World Car Design of the Year

Jangan menginjak pedal rem menggunakan kaki kiri pada mobil matic. (PD Insurance)

Ini Alasan Injak Rem Mobil Matic Harus Pakai Kaki Kanan

Ilustrasi. (Carole Nash)

Hal yang Harus Dilakukan saat Motor Ingin Berbelok

Cukup tekan tombol defogger embun dikaca langsung hilang. (Drive)

Fitur Defogger Mobil Usir Embun saat Musim Hujan