Teknik Pengereman Motor Matic yang Aman saat Hujan
Salah satu contohnya adalah teknik pengereman sepeda motor jenis matic
SportConer.id - Berkendara sepeda motor terlihat sepele, namun tidak sedikit bikers yang belum paham dan mengetahui cara mengendarai sepeda motor yang benar dan aman. Salah satu contohnya adalah teknik pengereman sepeda motor jenis matic. Tak jarang bikers mengalami slip ban depan karena cara pengereman yang salah, terutama saat melakukan pengereman mendadak.
Kondisi hujan tidak hanya membuat bikers memerlukan perlengkapan khusus berkendara, tapi juga dibutuhkan konsentrasi dan khususnya teknik berkendara yang aman.
Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika, Asep wawan menerangkan hal tersebut lumrah terjadi dikarenakan bobot motor matic cenderung lebih berat di belakang dibanding di depan, oleh karena itu penting bagi bikers memahami cara pengereman yang benar.
"Berbeda dengan motor manual yang sistem pengeremannya bisa dibantu engine brake, sedangkan pada motor matic hanya mengandalkan rem dan feeling pengendara," ucap Asep, saat di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Untuk itu Aris mengingatkan, pada kecepatan tinggi di atas 40 km per jam, pengereman motor matic sebaiknya menggunakan teknik combi brake/rem kombinasi, yaitu menarik tuas rem bersamaan secara perlahan agar ban belakang tidak slip/ngebuang.
"Gunakan pijakan kaki untuk memindahkan bobot saat terjadi rem mendadak, karena ketika itu terjadi secara otomatis bobot pengendara akan mendorong ke depan, jadi jangan mengandalkan tumpuan pada setang dan tangan saja," tutup Asep.
Hal lain yang perlu diwaspadai adalah kondisi ban yang sudah botak/habis. Saat hujan kondisi ban yang botak sangat berpengaruh terhadap efek aquaplaning, karena sudah tidak bisa membuang air dengan sempurna sehingga traksi berkurang.