Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Setelah tujuh tahun bersama, Barcelona dan Samuel Umtiti pisah jalan. Keduanya sepakat mengakhiri kerja sama lebih dini.

Umtiti bergabung dengan Barcelona di 2016 dan langsung menjadi andalan di lini belakang bersama Gerard Pique. Saat itu Umtiti menjadi salah satu bek terbaik dunia dan menjuarai Piala Dunia 2018 bersama Prancis.

Selama tujuh tahun bermain di Camp Nou, Umtiti memenangkan delapan trofi dengan hanya tampil sebanyak 133 pertandingan. Delapan trofi itu termasuk dua LaLiga dan tiga Copa del Rey.

Kariernya di Barcelona mengalami penurunan drastis usai cedera lutut parah. Sejak itu, penampilan Umtiti tak seperti sebelumnya dan mulai kehilangan posisi di tim utama.

Musim lalu Umtiti dipinjamkan ke Lecce dan tampil cukup baik. Tapi, itu tak cukup meyakinkan Barcelona untuk tetap menampungnya musim depan.

Berdasarkan kesepakatan bersama, Barcelona dan Umtiti mengakhiri kontrak kerja sama lebih awal. Kabarnya, Umtiti akan melanjutkan kariernya bersama Lyon di Ligue 1.

Dikutip dari Football Espana, Barcelona harus membayar kompensasi 20 juta Euro karena Umtiti masih terikat kontrak hingga 2026. Tapi, tak diketahui berapa uang yang harus dibayarkan klub asal Katalunya itu berdasarkan kesepakatan dengan Umtiti.

Bukan rahasia lagi, Barcelona sedang mengalami krisis keuangan. Upaya menjual pemain pun menemui kendala. Nama-nama seperti Ferran Torres dan Ansu Fati menolak dijual.