Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, mendukung untuk mewajibkan olahraga senam atau gymnastics di sekolah.

Menpora mengungkapkan bahwa pihaknya akan mewajibkan senam di seluruh tingkatan pendidikan pada akhir tahun 2023.

"Perlu diketahui, Kemenpora mendorong Gymnastics wajib ada di seluruh tingkatan sekolah, saat ini sudah pada tahap finalisasi, semoga bisa dilakukan diakhir tahun ini," ujarnya.

Menpora menilai olahraga senam sebagai salah satu pijakan untuk membentuk fisik dan karakter generasi muda.

"Karena Gymnastics sebagai salah satu mother of sport dalam rangka pembentukan fisik dan karakter generasi masa kini dan generasi muda kita ke depannya di semua cabang olahraga," jelas Menpora.

Hal itu disampaikan Menpora ketika menghadiri Kejuaraan Indonesia Gymnastics Open ke-2 2023 di Tangerang Convention Center, Tangerang, Banten.

Pada kunjungan tersebut, Menpora mengapresiasi Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) yang konsisten menyelenggarakan kejuaraan sejak usia dini.

"Pertama-tama saya sangat mengapresiasi untuk Persani yang telah gerak cepat membuat even perlombaan Indonesia Open untuk Gymnastics antara lain Artistic, Aerobic, dan Rhytmic, dengan usia yang hadir 5-12 tahun, ini hal luar biasa," kata Menpora.

Kejuaraan Indonesia Gymnastics Open Ke-2 Tahun 2023 ini diikuti oleh 547 peserta dari 56 klub seluruh Indonesia. Pada kejuaraan kali ini dipertandingkan nomor Aerobic, Artistic, dan Rhytmic.